Sabtu, 25 Maret 2023

Budidaya Buah Naga

    











Indonesia merupakan negara agraris yang beriklim tropis, sehingga dapat ditanami dengan berbagai komoditas tanaman dan bertumbuh kembang dengan baik di Indonesia. Seperti komoditas tanaman buah, sayur dan tanaman konsumsi yang lainnya. Salah satunya yaitu tanaman buah yang sekarang bisa diekspor. Dragon Fruit atau biasa disebut dengan buah naga, menjadi salah satu buah yang dapat ditanam dengan baik di tanah Indonesia ini. Salah satu jenis buah tahunan dimana buah ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi, karena banyak masyarakat yang jarang mengetahui tentang buah ini dan bagaimana cara budidaya buah naga dengan baik dan benar.  Buah naga sendiri mempunyai 4 jenis, yaitu buah naga daging merah, buah naga daging putih, buah naga daging super red dan buah naga daging kuning. 
    Tanaman yang berasal dari Meksiko ini sudah lama dimanfaatkan buahnnya untuk menjadi konsumsi uah segar. Secara morfologi, tanaman ini termasuk tanaman tidak lenngkap karena  tidak mempunyai daun dimana hanya mempunyai akar, batang, cabang, bunga serta biji. Buah naga tergolong buah yang berdaging dan berair. Kulit buah ada yang berwarna merah menyala, merah gelap dan kuning tergantung dari jenisnya. Yang memiliki ketebalan kulit sekitar 3mm-4mm, yang mana diseluruh kulitna dihiasi dengan rumbai-rumbai yang menyerupai sisik-sisik. Oleh karena itu, mengapa diberi nama buah naga. 
    Buah naga sendiri kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan seratyang cukup banyak sehingga cocok untuk orang yang ingin mengecilkan badan/diet. Beberapa khasiat dari buah naga, yaitu:
1. Penyeimbangan kadar gula
2. Mencegah kolestrol yang tinggi
3. Mencegah kanker usus 


       
   







 Teknik Budidaya Buah Naga
1. Syarat Tumbuh Tanam
        Ditanam didataran yang rendah, pada ketinggian 20-500m diatas permukaan laut. Kondisi tanah yang gembur banyak mengandung bahan organik clan dengan pH tanah normal untuk menanam buah naga sekitar 6-7. Air yang cukup, karena tanaman ini sangat peka terhadap kekerinngan dan akan terjadi pembusukan bila kelebihan air. Memerlukan penyinaran cahaya matahari yang ppenih untuk dapat mempercepaat proses pembuangan.
2. Persiapan Lahan
    Persiapan tiang untuk menopang tegakan tanaman, karena umumnya tanaman ini tidak mempunyai batanng primer yang kokoh. Sebulan sebelum tanah, bisa terlebih dahulu menyiapkan lubang tanah dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak tanam 2m x 2,5m, sehingga dalam 1 hektar bisa ditanami sekitar 2000 tanaman. Kemudian lubang tersebut diberi pupuk kandang yang masak sebanyak 5-10kg dicampur dengan tanah. 
3. Persiapan Bibit dan Penanaman
    Buah naga dapat diperbanyak menggunakan teknik stek dan biji. Umumnya tanaman ini ditanam dengan stek dibutuhkan bahan batang tanaman yang panjangnya 25-30cm dalam polybag dengan media tanamberupa campuran tanah, pasir clan dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Setelh umur bibit mencapai 3bulam maka bibit siap  dipindah/ditanam dilahan.
4. Pemeliharaan
    Pengairan
    Pada tahapan ini awal pertumbuhan pengairan dilakukan sekitar 1-2 kali sehari. Pemberian air yang berlebihan akan mengakibatkan pembusukan pada tanaman.
    Pemupukan
    Pemupukan tanaman diberikan pupuk kkandang, dengan kisaran pemberian 3bulan sekali, sebanyak 5-10kg pupuk kandang. 
    Pemangkasan
    Catang utama (primr) dipangkas, setelah tinggi mencapai tiang penyangga (sekitar 2m), clan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, kemudian dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi clan dan tumbuhkan 2 cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.
5. Panen
    Setelah tanaman berumur sekitar 1,5-2 tahun,mulai muncul bunga dan berubah. Pemanenan pada tanaman buah naga sendiri dilakukan pada buah yang mempunyai ciri-ciri warna kulit merah mengkilap, rumbai-rumbai atau yang biasa disebut sisik berubah warna yang semula hijau menjadi kemerahan. Panen dilakukan dengan menggunakan gunting, buah dapat  dipanen saat mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga telah mekar. Dalam 2 tahun pertama, setiap tiang penyangga mampu menghasilkkan sekitar 8-10 buah dengan berat sekitar 400-60 gram. 
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBUDIDAYAAN ANGGREK

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling populer di dunia. Selain memiliki keindahan yang memukau, anggrek juga memiliki ...