Minggu, 12 Maret 2023

Pola Tanam

Pola tanam adalah merupakan suatu urutan tanam pada sebidang lahan dalam satu tahun, termasuk didalamnya masa pengolahan tanah. Pola tanam merupakan bagian atau sub sistem dari sistem budidaya tanaman, maka dari sistem budidaya tanaman ini dapat dikembangkan satu atau lebih sistem pola tanam. Pola tanam ini diterapkan dengan tujuan memanfaatkan sumber daya secara optimal dan untuk menghindari resiko kegagalan. Namun yang penting persyaratan tumbuh antara kedua tanaman atau lebih terhadap lahan hendaklah mendekati kesamaan.


Pola tanam di daerah tropis, biasanya disusunselama satu tahun dengan memperhatikan curah hujan, terutama pada  daerah atau lahan yang sepenuhnya  tergantung dari hujan.
Pola tanam terbagi dua yaitu pola tanam  monokultur dan pola tanam polikultur. 

Monokultur
Pertanian monokultur adalah pertanian dengan menanam tanaman sejenis. Tujuan menanam secara monokultur adalah meningkatkan hasil pertanian. pola tanam ini tidak memiliki banyak keragaman komoditas tanaman yang di tanam tetapi haya satu jenis tanaman yang sama dengan memaksimalkan penggunaan lahan untuk satu jenis tanaman.
Kelebihan monokultur :
1. mengurangi jumlah lahan tambahan 
yang dibutuhkan
2. biaya perawatan tidak terlalu tinggi
3. hasil lebih tinggi
Kekurangan : 
1. penggunaan pupuk kimia
2. mudah terserang opt
3. degradasi tanah dan erosi tanah

Polikultur

Merupakan usaha budidaya tanaman dengan adanya banyak jenis tanaman pada satu bidang lahan yang terusun dan terencana dengan menerapkan aspek lingkungan yang lebih baik. pola tanam ini meningkatkan keragaman ekosistem alami dan tidak menerapkan penanaman tunggal. pola tanam polikultur



Keuntungan:

 1. Mengurangi serangan OPT

 2. Menambah kesuburan tanah

 3. Memutus siklus hidup OPT

 4. Memperoleh hasil panen yang beragam

Kekurangan: persaingan unsur hara dan

munculnya banyak jenis OPT

Macam Sistem Polikultur

1. Tumpang sari (Intercropping)

2. Tumpang gilir ( Multiple Cropping ),

3. Tanaman Bersisipan ( Relay Cropping ),

4. Tanaman Campuran ( Mixed Cropping )

5. Tanaman bergiliran ( Sequential Planting)

Nama : Stanislaus dimas Raditio

Nim : 221510101072

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBUDIDAYAAN ANGGREK

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling populer di dunia. Selain memiliki keindahan yang memukau, anggrek juga memiliki ...